Friday, June 22, 2012

Software editing video terbaik

ilustrasi area editing video
Halo para sahabat editor, apa kabar? Ini adalah postingan pertamaku di dunia  blogging, yang sebelumnya sibuk dibidang  edit-mengedit, dan melalui blog ini saya mencoba memberanikan diri untuk  sharing  dari apa yang sudah pernah saya lakukan, ya tentunya  suatu hal yang gak jauh dari dunia editing. Ok untuk mengawali topic ini, kita coba mengklasifikasikan kebutuhan kita dulu. 

1.      Apakah anda ingin mengawali bisnis di dunia video? Tentu butuh alat perang kan? Atau anda ingin mencari referensi di bidang editing video yang mencari software editing video terbaik? Mungkin melalui blog saya yang sangat sederhana ini bisa  sedikit  menambah wawasan anda di bidang ngedit-mengedit video, tapi kalau anda adalah seorang yang sudah jago di bidang editing  video, mohon maaf blog ini bukan tempat yang pas, tapi sekiranya agan mau ikut sumbangsih saran, guna ikut serta mencardaskan anak bangsa, saya selaku admin sangat berterimakasih. 

2.      Apakah anda sudah bosan dengan alat perang anda yang  terkesan jadul? Tidak menutup kemungkinan anda juga butuh mencoba hal baru, yang mungkin anda tidak menemukan kepuasan atau malah kesulitan untuk mengexpresikan karya-karya emas anda dengan menggunakan software editing video terbaik menurut anda sendiri? Sehinggan anda merasa terbebani untuk menggunakan software tersebut.

Kalau membicarakan tentang tool dan senjata perang editing video, sebenarnya gak ada habisnya sih, apalagi bisnis yang satu ini masih sangat besar sekali peluangnya untuk meraup kekayaan dan bisa di jadikan lahan penghasilan yang sangat menjanjikan, lebih-lebih untuk peluang usaha untuk orang lain juga, jadi pahala deh, hehehe  itung-itung membantu program pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran. Trus tentang software editing video terbaik yang mana? Ini lah yang menjadi pertanyaan besar bagi para editor newbi seperti saya dan kebanyakan orang di luar sana.

Bagi saya software adalah hanya sebuah alat atau apalah anda biasa menyebutnya, yang dimana softwar tersebut tidak bakalan bisa menyelesaikan pekerjaan anda dengan otomatis tanpa campur tangan si empunya, betul gak? Sebagus dan semahal apapun tool anda, tidak akan semudah yang anda bayangkan. Missal: ada proyek video company profile, proyek itu gak bakalan selesai kalau anda hanya memerintah doang. Intinya software hanyalah sebuah alat bantu saja dimana tetap si editor lah yang pegang kendali atas software tersebut. Memang ada dari beberapa software editing video yang menawarkan kemampuan lebih dan di atas rata-rata, tetapi apakah sudah sesuai dengan tingkat kebutuhan anda?
Sementara buat cuplikan dulu, saya cantumin beberapa software editing video yang pernah saya kenal, diantaranya:
-          Windows movie maker ( biasanya dah bawaan instalasai windows )
-          Adobe premier ( ini software milik adobe, dan sudah keluar beberapa versi )
-          Pinnacle Studio ( dulu dari ini saya mulai mengenal dunia editing video )
-          Ulead video studio ( ini kadang juga masih ane gunakan )
-          Sony vegas ( termasuk senjata andalan gue, maap tidak bermaksud mendiskriminasikan yang laen.
-          Avid ( softwar ampuh sih, tapi belum sempat mencobanya )
-          Final cut pro ( aku pahamnya baru yang berbasis windows aja, kayaknya ini untuk  OS linux )

Ok untuk sementara itu dulu capek nulisnya, hhhhh.  Lain kali saya berusaha meng update artikel di blog ini. Dan berusaha menuangkan cara-cara dasar mengenal dunia editing video, plugin, rendering, cutting, tentunya  buat calon editor-editor muda di Indonesia serta memilih software terbaik untuk membuat video.

1 comments:

wahh kebetulan ane lagi belajar pinnacle 18 nihh minn.. tapi ane ngerasa lebih rumit... dibandingkan yang 12.. ! ane mau nanya sebenernya lebih mudah yang 18 / yang seblm2'a min??? soalnya ane rumit membuat TEXT dalam pinnacle 18

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More