Sunday, June 24, 2012

software editing video terbaik 2012


 kali ini masih ngebahas tentang software, agar persepsi kita tidak salah dan menjadi budak software. Kalau ditanyain software editing video terbaik 2012  tuh kira-kira apa? Yakin deh aku sendiri juga gak bisa njawab, masalahnya setiap editor biasanya mempunyai penilaian tersendiri buat tool-tool mereka, akan tetapi bagi mereka tetap mempunyai perasaan yang lebih buat software kesayangannya, akan tetapi bagi saya belum tentu sama apa yang menjadi criteria penilaian orang lain. Bisa saja editor A bilang adobe lah yang paling mak nyuss, si B bilang: ah adobe ribet, enak pake vegas. Itu terserah kalian mau menilai apa, dan mana diantara mereka yang lebih baik. Yang terpenting adalah pendalaman anda untuk menguasai tool kesayangan anda mestinya, toh juga gak bakalan berguna kalau anda memiliki tool mewah sekalipun tetapi anda gak paham penggunaannya secara maksimal. 

Tidak jarang orang bisa menghasilkan karya yang sangat mempesona, megah, bahkan mempunyai nilai jual yang mahal cuman di produksi menggunakan tool gratisan. Mungkin anda pengen tau versi saya apa software editing video terbaik 2012?  Semoga jawaban saya gak salah buat editor rumahan sekelas saya, gimana kalau saya jawab sony vegas? Maaf (tidak bermaksud mendiskriminasikan yang lain) mungkin beda dengan agan-agan yang lain. Lho kenapa kok vegas? Nanya lagi…… gini deh, ini sebetulnya ada kisahnya bagi saya kenapa kok milih sony vegas bukan yang laen aja, kan masih banyak yang lebih bagus, betul. Tapi saya saya mempunyai penilaian lain, dengan pertimbangan kebutuhan saya, kemudahan penggunaan, kelengkapan fitur, ringan gaknya mengkonsumsi kekuatan dan memori di PC heeee, maklum pakai pc Pentium 4. 

Pada awalnya sih saya suka dengan software edit video yang lain, tetapi dengan kebutuhan lain yang pada waktu itu gak tau cara penggunaannya, maklum belajar otodidak gak ada yang diajak sharing, apalagi brosing, kenal internet aja barusan kok. Begitu getol-getolnya saya mempelajri software tersebut, gak di sangka waktu main ke toko cd abal-abal, eee aku melihat sony vegas dan ada tulisannya editing video gitu, langsung aja deh tanpa mikir ntar bisa makenya apa nggak, aku beli tuh cd abal-abal. Sampe rumah saking penasarannya langsung aja ku install di PC kesayanganku, alhasil instalasi sukses dengan crack sony vegas tentunya. Begitu aku coba dengan new projeck , eeee gak di sangka, kebutuhan yang aku cari di software lain dan belum sempat aku pahami, ternyata di sony vegas dengan mudah aku menemukan.

Pengujian sony vegas pun tak lanjutin, aku masukin projek di 1 time line dengan durasi 6 jam, kompiku yang pentium 3 masih mampu, hahhahah ini nggarap video wayangan. Trus njajal merender, eng ing eng,,,,,,,,, ini yang jadi pusing, utak atik tool yang ada di kompi, akirnya nemuin juga cara merender video dari sony vegas. Belum puas sampai di sini aku, buat projek baru yang sama tapi pake software kesayanganku yang lama, aku bandingkan mulai dari tingkat kesulitannya penggunaan tool yang ada, waktu ngerjain, dan sampai finising. Dan pada akhirnya aku jatuh hati deh sama si SONY VEGAS, bahkan masih saya gunakan sampai sekarang. Ok deh, selamat berkarya, tunjuk kan pada dunia bahwa kalian juga bisa, asal mau tekun belajar.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More